Senin, 01 Oktober 2018

Kartu Kredit Online: Kenali Dulu Kelebihan & Kekurangannya, Yuk!

Di era digital kayak sekarang, udah bukan hal yang asing lagi kalau apa-apa bisa serba online. Nggak cuma belanja, telepon, atau meeting aja yang bisa online, urusan kredit pun sekarang udah bisa online salah satunya lewat fasilitas kartu kredit online.


Sebagai salah satu alat pembayaran, kartu kredit memang menawarkan banyak kemudahan. Selain transaksi jadi lebih praktis dan cepat, dengan kartu kredit, kita juga bisa beli barang dengan cara cicilan dan dapat banyak keuntungan lain mulai dari promo, reward, hingga poin.

Sayangnya, proses apply kartu kredit di bank nyatanya masih belum mudah. Banyak proses memakan waktu yang harus diikuti mulai dari daftar, analisa berkas, hingga proses survei. Di sinilah, kredit online seperti Kredivo hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang mau punya kartu kredit dalam tempo cepat tanpa proses berbelit-belit. Buat kamu yang capek ditolak pas apply kartu kredit biasa, ngajuin kredit online juga bisa jadi alternatifnya, lho.

Namun, sebelum apply, ada kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit berbasis online yang perlu kamu tahu dulu untuk bahan pertimbangan. Apa saja?

Kelebihan Kartu Kredit Online

1.    Persyaratan mudah

Kalau kartu kredit biasa punya persyaratan yang berbeda-beda sesuai tipe atau jenis kartu, kredit online, syaratnya lebih sederhana. Dengan Kredivo misalnya, kamu hanya perlu memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, berusia minimum 18 tahun ke atas, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar, atau Medan.

2.    Proses pendaftaran secara digital & online

Semua serba paperless & hemat waktu. Kartu kredit berbasis online seperti Kredivo mengandalkan aplikasi sebagai media utamanya. Untuk apply, pertama, kamu perlu download aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Kemudian, siapkan KTP, bukti tempat tinggal (STNK & KK), dan bukti penghasilan (slip gaji & rekening koran), foto masing-masing dokumen dengan jelas, lalu upload dalam aplikasi sesuai instruksi yang diberikan. Kamu juga perlu menghubungkan akun Facebook untuk proses verifikasi dan 1 akun e-commerce dengan riwayat transaksi untuk verifikasi alamat. Selengkapnya untuk proses daftar, kamu bisa lihat di sini.

3.    Proses approval hanya memakan waktu 1 x 24 jam

Setelah submit semua dokumen, kamu tinggal menunggu proses approvalnya dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam. Prosesnya tanpa survei seperti kartu kredit konvensional atau bank. Pas diapproved, kamu bakal dikirimin notifikasi pada aplikasi dan bisa langsung lihat jumlah plafon kredit yang didapat. Setelah itu, kamu bisa langsung gunain plafon untuk belanja di merchant online mitra Kredivo sesuai kebutuhanmu.

4.    Minus biaya kartu dan biaya tambahan lainnya

Pada kartu kredit biasa, kamu bakal dikenakan aneka biaya mulai dari biaya kartu, biaya bulanan, hingga biaya tahunan. Meski nggak pernah melakukan transaksi dengan kartu kredit, biaya-biaya tersebut tetap bakal muncul sebagai tagihan. Beda dengan kartu kredit digital seperti Kredivo yang tanpa membebankan aneka biaya tambahan. Kamu cuma perlu bayar tagihan apabila pernah bertransaksi. Selain itu, hanya ada satu biaya yang dikenakan kepada kamu: yaitu biaya keterlambatan sebesar 3% apabila kamu telat bayar angsuran.

5.    Bisa digunakan untuk belanja cicilan & pinjaman tunai

Khusus untuk cicilan, Kredivo memberikan suku bunga paling rendah dibanding lembaga kredit sejenisnya, yaitu 2,95% per bulannya, dengan pilihan tenor yang beragam, mulai dari 3, 6, sampai 12 bulan. Kamu juga bisa pilih opsi bayar dalam 30 hari dengan tanpa bunga. Plafon kredit dari Kredivo bisa kamu gunakan di lebih dari 200 merchant online yang telah jadi partner Kredivo, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli, Shopee, JD.di, dan Bhinneka.
Bagi pengguna cicilan, sekarang juga ada tambahan program pinjaman tunai di Kredivo sesuai dengan plafon yang kamu punya dan limit selama 6 bulan. Fasilitas ini ada dalam menu “Layanan” pada aplikasi Kredivo dan prosesnya memakan waktu 1 hari kerja apabila disetujui. Uang akan ditransfer ke rekening pribadi yang sesuai dengan nama akun Kredivo-mu.

6.    Langkah awal membangun skor kredit positif

Bagi kamu yang belum pernah punya histori kredit sama sekali, Kredivo bisa jadi fasilitas yang cocok dan mudah untuk kamu memulai membangun skor kredit positif. Skor kredit yang positif bakal sangat berguna di masa depan apabila kamu butuh mengajukan pinjaman atau kredit yang besar di bank atau lembaga multifinansial. Supaya skor kredit terus positif, pastikan kamu membayar tagihan transaksi di Kredivo dengan tepat waktu, ya.

Kekurangan Kartu Kredit Online

1.    Limit plafon kredit tidak bisa diupgrade

Pada kartu kredit berbasis online seperti Kredivo, plafon kredit yang diberikan sudah final dan tidak bisa diupgrade ke nominal yang lebih besar. Ini karena pemberian plafon sudah melewati tahapan analisa oleh tim analis kredit Kredivo. Plafon kredit maksimal yang bisa diberikan oleh Kredivo adalah Rp 20 juta. Misalnya, kamu hanya dapat sekitar Rp 7 juta, maka plafon tersebut tidak bisa diupgrade lebih besar lagi karena sudah disesuaikan dengan jumlah penghasilan dan kapasitas finansialmu.

2.    Rentan terjadi pencurian data

Semua yang berbasis online pada dasarnya rentan mengalami pencurian dan penyalahgunaan data. Termasuk kartu kredit online. Maka, penting sifatnya untuk kamu menambah kewaspadaan terutama soal username dan PIN untuk login. Kamu bisa mengubah PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan. Kredivo sendiri memiliki jaminan enkripsi data untuk semua data nasabah sehingga sudah terjamin keamanannya. Selain itu ada juga OTP yang akan dikirim sebagai kode konfirmasi setiap kamu melakukan transaksi. Yang paling penting, Kredivo juga telah diawasi institusi resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3.    Tidak bisa asal digunakan untuk gesek tunai

Pada kartu kredit biasa, meski bunganya besar dan tidak disarankan, kamu bisa gunakan kartu untuk gesek tunai di mesin ATM kapanpun selama limit masih mencukupi. Nah, untuk kartu kredit berbasis digital seperti Kredivo, ada fitur pinjaman tunai, namun ada syarat yang harus dipenuhi dan tidak bisa sewaktu-waktu digunakan. Kamu harus merupakan pengguna cicilan dan punya limit yang cukup untuk tenor selama 6 bulan.

4.   Merchant-merchant yang bermitra masih terbatas pada e-commerce

Saat ini, Kredivo baru bisa digunakan di berbagai merchant online yang telah menjadi mitra dan belum bisa digunakan untuk merchant offline seperti di mal misalnya. Tapi jangan khawatir, ada 200 lebih e-commerce yang sudah jadi mitra Kredivo, mulai dari Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Bhinneka, Panorama Tours, Sepulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar