Kamis, 08 November 2018

Cara Mendirikan Toko Online Dengan Menggunakan Wordpress

Apakah anda berencana membuka toko online sendiri dalam waktu dekat, bagi sebagian orang yang ingin membuka usaha secara online memang menjadi hal yang agak meragukan. Karena biasanya mereka belum paham bagaimana langkah tepat dalam mendirikan sebuah online shop. Yang tentunya bisa bertahan lama, dan bisa menjaring banyak pembeli dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam membuka toko secara online, anda bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di wordpress misalnya. Ada 3 hal yang harus anda lakukan dalam mendirikan sebuah online shop diantaranya yaitu membuat ide untuk nama domain, membuat akun web hosting, dan waktu selama 30 menit untuk membuat online shop di internet.


Tahapan Dan Cara Dalam Mendirikan Sebuah Toko Online

1.    Mengatur platform online shop anda

Pertama-tama anda harus memilih platform yang tepat di toko yang akan anda buat ini, salah satunya anda bisa memilih wordpress. Karena platform tersebut memiliki fleksibilitas yang akan memudahkan anda. Dalam membuat sebuah toko secara online, maka anda harus memiliki nama domain, web hosting dan sebagainya.

Nama domain merupakan nama alamat web yang anda miliki, pada online shop tersebut. Sedangkan web hosting merupakan rumah bagi website anda, yang digunakan sebagai info-info khusus mengenai online shop anda.

2.    Membuat pengaturan di website

Jika anda memilih wordpress sebagai salah satu platform untuk online shop anda, maka and aharus membuat pengaturan yang tepat di website tersebut. Pilih setting lalu generals untuk mengatur judul situs, dan juga deskripsi tentang online shop anda. Anda harus membuat pengaturan dasar di wordpress tersebut, agar shop online anda terlihat simpel tapi menarik.

3.    Menambahkan produk ke toko anda

Langkah berikutnya adalah memasukkan produk yang akan anda jual di website anda, di bagian ini anda harus menyediakan informasi mengenai produk yang anda jual. Misalnya harganya, deskripsi produk, cara pengiriman dan pembayaran, dan lain sebagainya. Jangan lupa menambahkan gambar produk di sana, pilih resolusi gambar yang besar dan jelas.

4.    Menyesuaikan tema wordpress

Anda bisa membuat atau memilih tema yang tepat di wordpress, sesuaikan tema dengan produk yang anda jual. Anda bisa memilih berbagai tema, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam memilih tema tersebut. Pastikan juga tema yang anda pilih ini, mobile friendly agar orang yang membuka via handphone tidak terkena loading lama.

5.    Tambahkan plugin

Kini toko online anda sudah siap dipublikasi, tetapi jika anda masih ingin menambah beberapa elemen lainnya boleh saja. Misalnya anda ingin menambahkan formulir kontak, about atau informasi mengenai perusahaan anda, dan masih banyak lagi. Ada banyak fitur yang bisa anda pilih di sini, pilih plugin worpress untuk memudahkan anda dalam memilih fitur.

6.    Membagikan website anda di media social pribadi

Untuk perkenalan anda bisa memposting atau membagikan link alamat website anda di social media pribadi anda. Hal ini dilakukan untuk perkenalan, bahwa anda membuka sebuah toko secara online dengan beberapa produknya yang menarik. Minimal teman-teman terdekat anda akan melihat apa saja yang anda jual, dengan membuka website tersebut.

Sebenarnya masih banyak pilihan mengenai platform untuk online shop anda, ada juga website yang gratis atau yang berbayar. Anda bisa memilih salah satu di awal-awal membuka toko, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan akan toko yang anda buat tersebut.

Tidak ada komentar:
Write komentar