Rabu, 21 Maret 2018

9 Model Pembuka Sebuah Berita untuk Berita Terkini yang Menarik


Bagian pembuka dalam sebuah berita adalah hal yang penting dan sangat krusial. Sebab, dari pembuka inilah pembaca akan memutuskan apakah terus melanjutkan hingga akhir atau tidak. Ada banyak model pembuka dalam berita terkini yang bisa Anda temui. Meskipun ada banyak modelnya, sebenarnya tujuannya adalah sama.

Tujuan dari pembuka itu menarik perhatian pembaca untuk terus membaca berita tersebut hingga akhir dan mendapatkan informasi yang terkandung di dalamnya. Ingat, pembukanya harus menarik. Jika tidak, siap-siap untuk tak dilanjutkan hingga akhir. Lalu, apa saja model dari pembuka berita yang paling sering ditemukan di berbagai berita di banyak media?

1. Ringkasan

Bentuk pembuka pertama yang biasanya sering digunakan wartawan dalam menulis sebuah berita adalah bentuk ringkasan. Isi dari pembuka ini mewakili semua isi berita yang akan dijabarkan di bawahnya. Biasanya, jenis pembuka ini bisa Anda temukan pada jenis berita depht news yang membuat pembaca bisa menebak alur dari berita tersebut.

2. Bercerita

Pembuka kedua yang paling sering digunakan wartawan dalam memulai tulisan beritanya adalah model bercerita. Biasanya, model pembuka ini digunakan untuk berita yang tulisannya dibuat secara runut dan kronologis. Alur dari jenis pembuka ini sengaja membuat pembaca tertarik dengan menampilkan tokoh dalam beritanya.

3. Pertanyaan

Lalu ada pembuka berbentuk pertanyaan. Bentuk pembuka berita terkini seperti ini sangat efektif dan sering berhasil dalam menantang pengetahuian pembaca akan topik yang diangkat di dalam berita tersebut. Dengan begitu, tak ayal pembaca akan membaca seluruh berita sampai akhir. Tentu saja, pertanyaan tersebut haruslah menarik.

4. Menuding Langsung

Bentuk lain pembuka yang paling sering digunakan dalam sebuah berita adalah menuding langsung. Pembuka seperti ini biasanya melibatkan langsung pembaca secara pribadi. Dengan begitu, pembaca seolah merasa tertuding saat membaca tersebut. Tapi, hati-hati dalam menggunakan pembuka ini, ya! Jangan terlalu kasar!

5. Penggoda

Selanjutnya ada tipe pembuka penggoda. Biasanya, tipe pembuka ini digunakan untuk mengelabui pembaca dengan berbagai gurauan. Namun, tujuannya tetap untuk menggaet pembaca agar menuntaskan membaca berita tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapat info berita terkini dari berita tersebut.

6. Nyentrik

Lalu ada pembuka dengan model nyentrik. Pembuka jenis ini biasanya menggunaakn berbagai kutipan-kutipan terkenal untuk membuka beritanya. Tujuannya masih tetap sama, jelas untuk mengundang minat para pembaca untuk menuntaskan bacaan berita tersebut.

7. Deskriptif

Berikutnya ada juga model pembuka deskriptif. Model ini biasanya digunakan juga pada berita yang melibatkan penokohan dalam pemberitaannya. Caranya adalah dengan menciptakan gambaran dalam pikiran pembaca tentang seorang tokoh atau kejadian.

8. Kutipan

Bentuk pembuka dalam sebuah berita berikutnya adalah bentuk kutipan. Sama seperti pembuka bentuk nyentrik, pembuka ini sengaja memajang berbagai kutipan baik yang sudah terkenal maupun buatan sendiri. Selain kutipan, bisa juga disisipkan steatment ataupun teori dari orang terkenal.

9. Gabungan

Terakhir ada pembuka yang menggabungkan beberapa jenis pembuka sebelumnya. Paling tidak, menggabungkan dua jenis pembuka. Misalnya saja menggabungkan pembuka pertanyaan dengan menuding langsung.

Nah, sudah paham kan mengenai jenis-jenis pembuka dari sebuah berita yang sering Anda temukan di berita terkini? Pembuka adalah hal yang krusial dalam sebuah berita. Jika pembukanya jelek, dapat dipastikan berita tersebut akan mendapat respon yang tak baik. Begitulah sebaliknya. Pembuka yang baik akan mendapat respon baik dari pembacanya.

Tidak ada komentar:
Write komentar